:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 22 September 2009

Sholat Idul Fitri 1430 H


Bertepatan dengan
Hari Ahad, 20 September 2009 dilaksanakan Sholat Ied Fitri oleh PPSI (Panitia Penyelenggara Sholat Ied) Jembatan Timbang DLLAJR Kulwaru selaku penanggung jawab penyelenggaraan Sholat Ied di wilayah Toyan dan sekitarnya.
Bertindak sebagai pembicara Bapak Drs. H. Sutarjo, M.Si dari Pengasih. Sholat ied dimulai pukul 06.30 WIB, dan diakhiri pada pukul 07.30 WIB. Berikut gambarnya.

Selengkapnya → Sholat Idul Fitri 1430 H

Takbiran 1430 H

Berbeda dengan takbir keliling tahun lalu, tahun ini takbir keliling dilaksanakan bareng-bareng dengan Remaja Islam Masjid Se-Wates Selatan. Fotonya dapat disimak berikut. *[adm]




Tambah Gambar

Selengkapnya → Takbiran 1430 H

Zakat, Infak, Shodaqoh1430 H

Pengelolaan zakat pada tahun 1430 H ini diantaranya :
1. Wajib zakat (Muzakki) sejumlah 290 jiwa
2. Penerimaan zakat fitrah berupa beras sejumlah 577,5 Kg
3. Penerimaan zakat fitrah berupa uang sejumlah Rp. 737.500 ,-
5. Penerimaan Shodaqoh sejumlah Rp. 266.000 ,-
6. Penerimaan Infak subuh sejumlah Rp. 2.416.000 ,-

Zakat fitrah telah disalurkan kepada 41 jiwa penerima zakat (mustahiq) berupa beras dan uang. Adapun uang infak subuh sepenuhnya diberikan kepada Remaja Islam Masjid untuk mengelolanya.


Alhamdulillah semua zakat, infak dan shodaqoh telah disalurkan seluruhnya kepada yang berhak menerima. Mudah-mudahan menjadi amal baik bagi para muzakki dan para dermawan” kata Mas Aan salah satu amil tahun ini. *[adm]

Selengkapnya → Zakat, Infak, Shodaqoh1430 H

Jumat, 18 September 2009

Radio Komunitas Bedol Antena 2009

Setelah kurang lebih 29 Hari mengudara, 18 September 2009 Radio Komunitas Suara Ramadhan mengakhiri masa siarannya untuk tahun 1430 H. Pukul 02.00 WIB dinihari antena yang RKSR diturunkan dari langit Al Hikmah Toyan.

Dibantu beberapa rismas, crew menurunkan antena dan membereskan perangkat siar. Hadir dan langsung memimpin penurunan antena – he .. kayak apa aja – Manajer RKSR Mas Aan. ”Dini hari ini harus kelar”, kata Mas Aan. Besok sudah ada kegiatan lain menanti, seperti pengelolaan ZIS, kupatan, Takbiran, pelaksanaan Sholat Ied dan syawalan. ”Konsentrasi akan terpecah, so hari ini harus kelar”, tambah Mas Aan.
Akhirnya seluruh Keluarga RKSR mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam onair tahun ini banyak dijumpai kesalahan baik sengaja ataupun tidak. Dan sampai bertemu di RKSR 1431 H. ”Semoga Alloh pertemukan lagi ditahun depan”, tandas DJ OI Direktur Siar RKSR. *[adm]

Selengkapnya → Radio Komunitas Bedol Antena 2009

Ada Ketupat Di Lebaran 1430 Hijriyah

Agenda tahunan setiap malam Idul Fitri … ketupat pastinya. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan 1430 H kali ini Remaja Islam Masjid juga mengadakan acara kupatan.

So.. Jumat, 18 September atau malem 28 Ramadhan Keluarga Besar Al Hikmah Toyan sudah sibuk membuat wadah kupat. Rencananya kupat yang akan dibuat sekitar 300 buah. Adapun kegiatan kupatan sendiri sedianya akan dilaksanakan pada tanggal malam 1 Syawal 1430 H atau bertepatan dengan malam Ahad 19 September 2008 bakda Isya’. *[adm]

Selengkapnya → Ada Ketupat Di Lebaran 1430 Hijriyah

Kamis, 17 September 2009

Reuni DJ Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz

Rabu, 16 September 2009 nampaknya menjadi malam spesial bagi Keluarga Besar Radio Komunitas Suara Ramadhan (RKSR) 88 MHz. Pasalnya malam itu hampir semua DJ dan mantan DJ kumpul di studio. ”Beberapa hari yang lalu tepatnya pertengahan puasa, DJ Umadi mantan DJ RKSR Tahun 2006-2007 juga sempat siaran, namun sekarang sudah balik ke Kalimantan lagi karena tugas disana”, kata Mas Aan Manajer RKSR.

”Rabu sore antena radio sempat ambruk karena angin kencang, tapi terus diperbaiki setelah kegiatan khataman”, kata Mas Iman Direktur Siar RKSR.

Nampak hadir dalam reuni DJ Apang ”bapak kost”, DJ OI ”pakar kuliner”, DJ Kriwil ”makin gokil”, DJ Frengky ”” kruk-kruk-kruk”, DJ Niko ”anti coro”, DJ Jupe, DJ Rendi Tronton. *[adm]

Selengkapnya → Reuni DJ Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz

Khataman 1430 Hijriyah

Hari Rabu, 16 September 2009 atau malam 27 Ramadhan 1430 H Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan melaksanakan Khataman Al Qur’an. Pada Ramadhan tahun ini, Rismas dan Ibu-ibu pengajian mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 4 kali. Doa Khotmil Qur’an dibacakan oleh Bapak Drs. Slamet Riyadi Ketua Takmir, acara Khataman juga diisi dengan kreasi Santriwan/wati TPA Al Hikmah Toyan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya jamaah yang hadir membawa ”Sedan Ijo”. Kalau ada acara khataman pasti menunya ya.. sedan ijo ini” kata DJ Frengky kruk-kruk-kruk salah satu DJ RKSR.

Sedan ijo adalah nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk – biasanya - telur, bakmi, tempe, tahu” lanjut DJ Frengky kruk-kruk-kruk.

”Semoga acara seperti ini akan tetap ada pada generasi Rismas yang akan datang”, kata Mas Aan Direktur TPA Al Hikmah. Dan semoga dengan Khataman Al Qur’an kita dan generasi selanjutnya makin mencintai Al Qur’an dan menjadi generasi Islam yang Qur’ani. Amiin. *[adm]



Selengkapnya → Khataman 1430 Hijriyah

Kajian Ramadhan 2009

Sabtu, 12 September 2009 bertempat di Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan lagi kajian ramadhan, setelah beberapa waktu yang lalu dilaksanakan buka puasa bersama Remaja Masjid Se-Wates Selatan. ”Ini menjadi kajian terakhir untuk ramadhan tahun ini”, kata Hanum. Dihadiri kurang lebih 70 orang kajian diisi oleh Ustadz Fauzan dari Jogja. Di akhir kajian dilaksanakan pembagian hadiah untuk lomba menulis ramadhan dalam kata-kata. *[adm]

Selengkapnya → Kajian Ramadhan 2009

Ramadhan, Remaja Adakan Kerja Bakti Malam Hari

Sudah mulai pertengahan ramadhan ini hampir tiap malam mulai pukul 10.00 WIB dilaksanakan ”pembalakan” di sebelah utara masjid. Kegiatan dimaksudkan untuk membersihkan bagian utara masjid yang nampak dipenuhi rumput berduri. ”Harapannya sebelah utara masjid bisa digunakan untuk penyembelihan hewan qurban tahun ini”, kata Mas Aan. *[adm]

Selengkapnya → Ramadhan, Remaja Adakan Kerja Bakti Malam Hari

Kamis, 10 September 2009

THR Dan Pembagian Tabungan

Seperti ramadhan sebelumnnya, ramadhan tahun ini dijadikan momentum untuk memberikan sedikit ”bebungah” berupa Tunjangan Hari Raya bagi Santriwan/wati TPA dan Rismas. Walaupun nggak banyak semoga dapat menjadi wujud jalinan silaturahmi yang baik.

Demikian juga moment yang ditunggu-tunggu santriwan-santriwati Taman Pendidikan Al’Quran Al Hikmah Toyan. Yakni pembagian tabungan yang telah selama 1 (satu) tahun mereka tabung, di akhir ramadhan ini. Sedianya Hari Sabtu 15 September 2009 seluruh santriwan/santriwati akan menerima uang tabungan.

Adapun jumlah tabungan yang dibagi sejumlah Rp. 8.392.500,-. dibagikan kepada 68 santriwan/santriwati TPA Al Hikmah Toyan. Semoga bermanfaat untuk adik-adik santri. *[adm]

Selengkapnya → THR Dan Pembagian Tabungan

Persiapan Khataman Dan Kupatan 1430 Hijriyah

Menghadapi kegiatan Khataman Qur’an dan Kupatan Kamis, 10 September 2009 dilaksanakan rapat persiapan guna suksesnya acara tersebut. Rapat dipimpin Fajariyanto Ramadhan Ketua Rismas periode 2009-2010 dan dihadiri semua anggota rismas.

Hasil keputusan rapat diantaranya kegiatan khataman sedianya akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 16 September 2009 dengan menu sedan ijo. Sedangkan kupatan akan dilaksanakan pada malam 1 Syawal 1430 H bersamaan dengan acara takbiran. Beberapa item kepanitiaan kecilpun dibentuk. ”Semoga panitia yang ada dapat bekerja dengan maksimal”, kata Mas Iman mantan sekretaris rismas 1997 yang juga Pembina rismas saat ini. *[adm]

Selengkapnya → Persiapan Khataman Dan Kupatan 1430 Hijriyah

Buka Bersama Remaja Masjid Se-Wates Selatan

Rabu, 09 September 2009 dilaksanakan buka puasa bersama Remaja Islam Masjid se-Wates Selatan, bertempat di serambi masjid Al Hikmah Toyan dan dihadiri kuranglebih 70 orang.

Acara buka puasa diisi oleh Ridwan Usman dari PC Muhammadiyah Wates Selatan, Mas Ikhsanuddin dari Ngestiharjo, dan Mas Aan dari Toyan. Penekanan ketiga pembicara terfokus pada pemberian motivasi Remaja Masjid. Hal ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap generasi muda Wates Selatan khususnya.


Dari kegiatan tersebut disepakati akan dilaksanakan kegiatan takbir keliling bersama, akan dibentuk wadah bagi Remaja Masjid se-Wates Selatan dan segera akan diadakan training selepas lebaran. *[adm]

Selengkapnya → Buka Bersama Remaja Masjid Se-Wates Selatan

Persiapan Idul Fitri 1430 H

Menghadapi lebaran 1430 H tahun ini PPSI (Panitia Penyelenggara Sholat ‘Ied) Jembatan Timbang Kulwaru Sabtu, 05 September 2009 melaksanakan rapat persiapan guna suksesnya Sholat Ied 1 syawal tersebut.

Rapat yang dilaksanakan di serambi Masjid Al Hikmah Toyan nampak spesial, pasalnya rapat kali ini hampir semua masjid mengirimkan utusannya. “Yang hadir kurang lebih 30-an mas”, kata Anugerah Ketua PPSI. ”Tugas-tugas yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan sudah diserahkan kepada masing-masing masjid untuk mengampu, diantaranya mulai dari keamanan, kebersihan, pengatur shof, segel, counter, Imam, dan”, lanjutnya. *[adm]

Selengkapnya → Persiapan Idul Fitri 1430 H